Rabu, 17 Juni 2020

MY BISNIS – Gubuk Crispy - TUGAS KEWIRAUSAHAAN SESI 12


MY BISNIS – Gubuk Crispy 
1. RINGKASAN EKSEKUTIF
   Makanan adalah kebutuhan pokok bagi makhluk hidup, selain sandang (pakaian) dan papan (rumah). Manusia membutuhkan makanan berat rata-rata tiga kali sehari demi mencukupi kebutuhan energinya untuk beraktivitas. Dan kadangkala masyarakat tidak berada di rumah pada saat mereka merasa lapar, dan memilih untuk makan di luar seperti di kedai, di pinggir jalan, warteg atau restoran.
Selain makanan berat manusia juga membutuhkan makanan ringan untuk menahan lapar, misalnya ketika mereka berada di saat-saat tidak dalam jam makan. Biasanya yang dipilih untuk menahan lapar tersebut adalah roti, snack, atau cemilan yang bisa dinikmati rasanya.
   Gubuk crispy adalah konsep saung (kedai: bahasa Sunda) yang menyediakan aneka kentang goreng sebagai produk utama dan digabungkan dengan makanan cepat saji harga bombastis, yaitu burger dan hotdog senilai Rp. 5000,-, minuman seperti teh, aneka jus, dan kopi, serta fasilitas free hot spot yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama di kedai ini. Gubuk crispy  menawarkan pengalaman makan makanan ringan ala western dengan harga lokal, dilengkapi suasana santai dengan bentuk saung (kedai).
   Peluang membuka kedai makanan ringan di sekitar kampus masih sangat tebuka, karena tempat sekitar kampus merupakan populasi tempat tinggal mahasiswa yang notabene menyukai aktivitas tongkrongan dan berkumpul bersama kawan-kawan mereka sambil menyantap makanan ringan disertai minuman. Kedai ini juga bisa menjadi tempat untuk janjian, menunggu orang, chatting dan browsing internet maupun diskusi. Karena dilengkapi fasilitas free hot spot dan harga makanan dan minuman yang sangat terjangkau bagi kalangan mahasiswa.
   Tahap awal dari Business Plan ini adalah membuka gerai seluas 10x10 meter atau 100 meter persegi. Lama kelamaan target jangka panjang yang ingin dicapai adalah membuka kedai-kedai di daerah sekitar kampus lain.


2. BISNIS
2.1 Konsep Bisnis
    Gubuk crispy  adalah konsep kedai yang mnyediakan kentang goreng  sebagai menu utama digabungkan dengan burger & hotdog harga bombastis, dan minuman-minuman seperti kopi, teh, dan jus. Saung ini juga menawarkan makanan ala barat dengan harga mahasiswa serta suasana tempat santai bagi mahasiswa.
    Kedai  ini rencananya akan dibuka di sekitar Universitas daerah Jakarta Barat. Rencana jangka menengahnya adalah melakukan ekspansi di sekitar kampus. Rencana jangka panjangnya membuka gerai di berbagai lokasi kampus di kota-kota di Indonesia.
    Kedai  ini lebih mirip dengan rumah makan lesehan yang ber-menu kafe. Ruangan dibentuk untuk tujuan tempat kumpul dan santai. Prediksi peluang dibukanya kedai ini dikarenakan belum adannya tempat berkumpul bagi mahasiswa dengan suasana nyaman dan sajian menu ringan. Di sekitar kampus hanya ada warung makan yang tidak bisa dijadikan tempat khusus nongkrong dan berkumpul. Padahal ada hobi mahasiswa yang bisa dimanfaatkan sebagi lahan bisnis, yaitu hobi kumpul-kumpul, ngobrol, dan mengonsumsi makanan dan minuman ringan. Semua itu menjadi gaya hidup tersendiri selama dalam perjalanan sebagai mahasiswa yang mungkin hanya berlaku  sekali saja bagi sebagian mahasiswa.
    Adapun hal-hal yang ditawarkan untuk membedakan antara gubuk kentang  dengan kedai-kedai pada umumnya adalah:
- Makanan ala barat 
- Minuman ala kafe 
- Layanan konsumen yang baik dan akrab, karena pelayannya adalah mahasiswa juga.
- Bisa juga membeli untuk dibawa pulang, seperti jajan di warung.
- Desain kedai yang nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong.
- Free hot spot yang bisa dimanfaatkan untuk refreshing dan mengerjakan tugas.

2.2 Produk yang Ditawarkan
   Walaupun nama kedai ini adalah “Gubuk Crispy” yang berarti menu utamanya adalah kentang, namun juga dilengkapi dengan burger dan hotdog. Serta aneka minuman yang bisa jadi teman santai, yaitu kopi, teh, dan jus.
a) Menu Makanan
   Gubuk crispy menawarkan makanan ringan berupa aneka kentang goreng, yaitu kentang goreng crispy, kentang goreng biasa dengan berbagai macam rasa (original, balado, pedas, dan barbeque), kentang ulir goreng, Potato wedges, potato ball with cheese filling. Kemudian untuk mengantisipasi bagi konsumen yang mungkin ingin mengganjal perut dan lebih kenyang, ditawarkan pula burger & hotdog dengan harga mahasiswa.

b) Menu Minuman
   Gubuk crispy  menyajikan aneka minuman seperti berikut :
  • Kopi dengan berbagai rasa, yaitu kopi biasa, kopi susu, espresso, white coffee, dan coffe cappuccino mint.
  • Teh berupa es teh manis, teh manis hangat, teh tawar, lemon tea, dan thai tea.
  • Jus berupa jus instan dari pop ice, dan jus buah (alpukat, tomat, mangga, jeruk, naga, melon, apel, pisang dan strobery).
  • Tersedia juga air tawar gratis.


c) Harga
   Harga yang ditawarkan oleh gubuk kentang  ini adalah harga mahasiswa yang tentunya lebih murah dari harga menu di kedai-kedai lainnya. Berikut daftar harganya :
  • - Kentang goreng aneka rasa dan crispy Rp. 3.000/100gram.
  • - Kentang ulir goreng Rp. 4.000 s/d Rp. 10.000 sesuai ukuran kentang.
  • - Potato wedges Rp. 7.000,-
  • - Potato ball with cheese filling Rp. 7.000,-
  • - Burger Rp. 5.000,-
  • - Hotdog Rp. 5.000,-
  • - Teh panas dan es teh Rp. 3.000,-
  • - Teh tawar Rp. 1.000,-
  • - Lemon tea Rp. 4.000,-
  • - Thai tea Rp. 5.000,-
  • - Kopi Rp. 3000,-
  • - Jus Alpukat Rp. 7.000,-
  • - Jus Mangga Rp. 7.000,-
  • - Jus Tomat Rp. 5000,-
  • - Jus jeruk Rp. 5000,-
  • - Jus Naga Rp. 7.000,-
  • - Jus melon Rp. 7.000,-
  • - Jus apel Rp. 7.000,-
  • - Jus pisang Rp. 5.000,-
  • - Jus strobery Rp. 7.000,-
  • - Pop ice Rp. 3.000,-
  Kami juga nantinya akan berexperimen untuk menemukan menu-menu makanan dan minuman baru agar dapat meningkatkan jumlah pelanggan.

3. PEMASARAN
3.1 Gambaran Pasar
  Strategi pemasaran sebagai permulaan bisnis ini dengan memperkenalkan merek, mengundang konsumen, meningkatkan pembelian dengan berbagai promosi. Area pemasaran utama adalah di sekitar lokasi kampus-kampus daerah jakarta barat yang terdapat banyak mahasiswa berlalu lalang.
   Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami melalui sejumlah media baik elektronik, cetak,  sosial media, maupun promosi langsung dari mulut ke mulut. Promosi melalui media elektronik dilakukan dengan membuka semacam on-line shop di berbagai jaringan sosial yang kini marak di dunia maya, serta melalui blog dan jejaringan sosial facebook, twitter, dan instagram. Promosi melalui media cetak kami lakukan dengan membuat pamphlet. Promosi dari mulut ke mulut kami lakukan dengan mendatangi langsung kelompok-kelompok mahasiswa seperti di kampus, dan perusahaan.
3.2 Target Pasar
    Pasar sasaran dari kedai gubuk crispy ini adalah para mahasiswa, pelajar yang ada di lokasi setempat, dan penduduk setempat baik anak-anak, remaja ataupun dewasa. Karena produk yang ditawarkan memang cocok untuk berbagai kalangan, namun lebih diseting khsus untuk diminati oleh mahasiswa. Lokasinya pun memang bertempat di sekitar kampus yang notabene populasi tempat tinggal (kost dan kontrakan) mahasiswa.
  Bisnis ini berharap tingkat pembelian ulang oleh konsumen cukup tinggi. Dan konsumen yang berdatangan akan terus-menerus datang ke kedai ini dan akhirnya menjadi pelanggan tetap.
3.3 Pesaing dan Kondisi Persaingan
   Persaingan berkaitan dengan produk belum ada di sekitar kampus yang menawarkan produk makanan ringan ini. Persaingan dalam hal layanan dan fasilitas memang ada beberapa warung makan yang berbentuk tempat lesehan dan bisa dijadikan tempat kumpul. Hanya saja belum ada yang memberikan ruang bebas untuk berkumpul, hanya bisa berkumpul selama durasi makan dan jika lebih lama, akan ada rasa rikuh dan tidak enak kepada pemilik warung. Hal tersebut disebabkan pemilik warung semuanya bukan dari kalangan mahasiswa, tetapi ibu-ibu rumah tangga.
   Gubuk crispy  juga menawarkan fasilitas free hot spot area yang belum ada di tempat makan lain di sekitar kampus. Kemudian dalam segi harga, kami harus bersaing dengan pemilik tempat makan nasi rames yang harganya sama dengan  produk kami, kebutuhan terhadap nasi jauh lebih besar ketimbang makanan ringan. Selain itu, makanan cemilan masih bisa dibeli oleh mahasiswa dari swalayan kampus yang sama-sama menawarkan harga mahasiswa.
   Walaupun demikian, hal tersebut justru memberikan motivasi bagi kami untuk melakukan inovasi dan kreasi saat merasakan persaingan tersebut saat praktek bisnis ini nantinya. Tentunya dengan menonjolkan kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh pesaing kami, dan berbagai potensi yang masih terpendam yang dapat kami bangun nantinya.

4. ORGANISASI DAN MANAJEMEN
4.1 Operasional
  Dalam menjalankan usaha Gubuk crispy  ini kami menggunakan prinsip “GITAR” yaitu berusaha dengan Giat, Inovatif, Terampil, Agama, dan Rajin. Dalam mencapai motto diatas cara yang dilakukan adalah dengan membentuk sebuah cara kerja dengan GITAR.
  Pertama, dalam menjalankan usaha crispy agar mencapai kesuksesan adalah melakukan kegiatan usaha ini dengan sikap Giat. Giat disini dalam arti bekerja dengan tekun dan dengan rasa tanggung jawab, karena tugas utama seorang usaha adalah dapat mempertanggung jawabkan produknya kepada konsumen. Jadi dengan hal tersebut mampu menjadi sebuah motivasi untuk bekerja dengan giat.
Kedua, dalam mencapai sebuah kesuksesan dari usaha ini adalah dengan bekerja secara “Inovatif”. Usaha ini akan menciptakan produk baru dengan rasa yang lezat dan bergizi dari sebelumnya.
Ketiga, cara selanjutnya adalah dengan bekerja dengan “Terampil”. Dalam hal ini terampil maksudnya adalah dalam melakukan kegiatan usaha ini adalah diperlukan sikap terampil dalam membuat produknya. Terampil diperlukan untuk membangun sebuah usaha yang mampu menciptakan produk yang unik dan menarik.
  Keempat, Cara yang digunakan untuk mencapai kesuksesan usaha ini adalah dengan “Agama”. Maksudnya adalah dalam melakukan kegiatan usaha ini harus tetap berdoa dan berusaha. Doa merupakan sebuah kunci keberhasilan disamping usaha yang giat. Dengan mengingat agama dalam kegiatan usaha maka kegiatan usaha yang dijalankan akan lancar. Sebagai manusia yang beragama Semua usaha dan keberhasilan tidak akan terjadi tanpa adanya usaha, doa dan oleh izin Tuhan Yang Maha Esa. Jadi Berdoa setelah berusaha merupakan suatu kunci penting dalam menjalankan sebuah usaha.
   Kelima, merupakan suatu cara terakhir yang dijalankan adalah dengan menjalankan usaha secara “RAJIN”. Maksudnya rajin dalam bekerja dan rajin menghormati satu sama lain. Rajin dalam segala aspek, terutama dalam hal keanggotaan dalam usaha ini. Rajin saling mengingatkan, rajin menerima kritik dan saran yang baik dan sebagainya. Hal tersebut diatas merupakan untuk membuat sebuah usaha yang dijalakankan menuju jalan kesuksesan.

4.2 Job Diskripsi

- Manajer : Agung prabowo
- Bagian Administrasi : Grevi yulika
- Bagian Pelayanan Konsumen : Nina novi yanti
- Bagian kebersihan : Yoga putra


5. RENCANA KEUANGAN
5.1 Modal Awal
   Biaya untuk pengadaan modal awal usaha ini adalah Rp. 24.000.000,- yang terdiri dari sewa tempat 1 Tahun, bahan baku selama 20 hari kerja (satu bulan), peralatan, promosi, gaji 2 orang karyawan.
Rincian pengeluaran modal awal dalam rangka memulai bisnis ini saung crispy adalah memerlukan hal-hal berikut :

  1. Sewa tempat plus meja kursi selama satu tahun : Rp. 5.000.000,-
  2. Pengeluaran perhari x 20 hari
a. Kemasan
- Plastik untuk makanan goreng Rp. 25.000
- Plastik kresek Rp. 15.000
- Styrofoam Rp. 24.500
- Gelas plastik Rp. 8.500
- Sedotan Rp. 10.000
______________________________________________+
Jumlah 20@Rp. 83.000,- = Rp. 1.660.000

b. Bahan baku
Kentang goreng, potato wedges dan potato ball cheese
- 15 kg kentang @Rp. 4.500/kg = Rp. 67.500
- 3 liter minyak goreng @Rp. 12.000/kg= Rp 36.000,-
- 2 sdt kapur sirih Rp. 350,-
- Garam Rp. 1.000,-
- Atom bumbu Rp. 1.000
- Cabe giling AIDA Rp. 2.500
- Saus Rp. 5.000
- Susu cair Rp. 15.000
- Telur Rp. 23.000
- Kaldu bubuk Rp. 5.000
- Merica Rp. 5.000
- 1 kg Gula pasir Rp. 10.000
- Lada Rp. 1.000
- Keju Rp. 11.000
- Daun seledri Rp. 500
- Parsley kering Rp. 5.000
- 1 kg buah wortel Rp. 8.000
- 1 kg bawang Bombay Rp. 16.000
- Tepung maizena 1 kg Rp. 10.000
- Tepung roti Rp. 8.000
- Tepung terigu  Rp. 8.000
______________________________________________+
Jumlah 20@Rp. 238.850,- = Rp. 4.777.000,-


Burger & Hotdog

- Roti burger 40@Rp. 1.000 = Rp. 40.000
- Roti Hotdog 40@Rp. 1.000 = Rp. 40.000
- Sosis Ayam 20@Rp. 1.000= Rp. 20.000
- Sosis Sapi 20@Rp. 1.000= Rp. 20.000
- Patties Burger 40@Rp. 1.100= Rp. 44.000
- Bawang bombay 1kg Rp. 12.000
- Mentimun 2kg @Rp. 3.000= Rp. 6.000
- Selada 1kg Rp.7.000
- Tomat 1kg Rp.4.000
- Mentega 2 sacshet @Rp. 4.500= Rp. 9.000
- Saus tomat Rp. 5.000
- Saus sambal Rp. 5.000
- Packaging Burger 40@Rp. 350= Rp. 14.000,-
- Packaging Hotdog 40@Rp. 350= Rp. 14.000,-______________________________________________+
Jumlah 20@Rp. 240.000,-= Rp. 4.800.000,-


Minuman
- Teh tubruk Rp. 1.000
- Kopi 75gram 5 sacshet @Rp. 4.000=Rp. 20.000
- Pop Ice 5 pack (10 sacshet) beda rasa @Rp. 9.200=Rp. 46.000
- Serbuk thai tea 2 pack @6.000=Rp. 12.000
- Gula pasir 2 kg @Rp. 10.000= Rp. 20.000
- Buah Alpukat 1 kg Rp. 16.000
- Buah Tomat jus 1 kg Rp. 5.000
- Buah Jeruk peras 1kg Rp.8.000
- Buah naga 1 kg Rp. 14.000
- Buah apel 1 kg Rp. 18.000
- Buah mangga 1 kg Rp. 8.000
- Buah pisang Rp. 10.000
- Buah melon Rp. 12.000
- Buah strobery Rp. 15.000
______________________________________________+
Jumlah 20@Rp. 205.000,-= Rp. 4.100.000,-

c. Transportasi 20@Rp. 10.000,-=Rp. 200.000,-

d. Peralatan
- Wajan Rp. 50.000
- Susuk Rp. 15.000
- Peniris Rp. 15.000
- Pemanggang Burger & Hotdog Rp. 100.000
- Pencapit Rp. 15.000
- Pembalik Rp. 25.000
- Pisau Sayur dan buah Rp. 25.000
- Pisau oles Rp. 11.000
- Gelas 2 lusin Rp. 50.000
- Sendok 2 lusin Rp. 25.000
- Piring Rp. 50.000
- Cup kentang goreng 2 lusin Rp. 100.000
- Blender Rp. 200.000
______________________________________________+
Jumlah Rp. 681.000,-

e. Properti
- Banner 2x4 meter Rp. 200.000
- Banner menu 1x2 meter Rp. 50.000
- Banner depan 50x4 meter Rp. 50.000
______________________________________________+
Jumlah Rp. 300.000,-

f. Pemasaran dan Promosi
- Selebaran pamflet 20 lembar 20@Rp. 3.000=Rp. 60.000
- Web hosting Rp. 99.000
______________________________________________+
Jumlah Rp. 159.000

g. Fasilitas
- Pasang WiFi (hot spot area) per bulan Rp. 500.000
______________________________________________+
Jumlah Rp. 500.000

h. Gaji karyawan 2 orang @Rp. 800.000= Rp. 1.600.000

Jadi, total biaya untuk memulai bisnis ini adalah Rp. 23.777.000,-

5.2 Kalkulasi Keuntungan Per-Bulan
Pengeluaran
   Pengeluaran seperti tercantum dalam modal awal dianggap sama tiap bulannya, yaitu terdiri dari :
Bahan baku :
- Kentang Goreng, potato wedges dan potato ball cheese Rp. 4.777.000,-
- Hotdog & Burger Rp. 4.800.000,-
- Minuman Rp. 4.100.000,-
- Transportasi Rp. 200.000,-
- Gaji karyawan Rp. 1.600.000
- Hotspot Rp. 500.000
- Kemasan Rp. 1.660.000,-
________________________________________+
Jumlah Rp. 17.637.000,-
Jadi pengeluaran biaya dalam sebulan adalah Rp. 17.637.000,-

Pemasukan
   Pemasukan dihitung dari harga jual, perkiraan jumlah terjual setiap hari selama sebulan (20 hari kerja). Dirincikan sebagai berikut :
Nama Produk Jumlah penjualan per-hari Jumlah pemasukan per-bulan (dikali 20 hari)
- Kentang goreng crispy Rp.3.000x40= Rp. 120.000
- Kentang goreng biasa Rp.3.000x40= Rp. 120.000
- Kentang ulir Rp.4.000x20= Rp. 80.000
- Potato wedges Rp.7.000x10= Rp. 70.000
- Potato ball cheese filling Rp. 7.000x20= Rp.140.000
- Burger Rp.5.000x15= Rp. 75.000
- Hotdog Rp.5.000x15= Rp. 75.000
- Es Teh Rp.3.000x30= Rp.90.000
- Kopi Rp. 3.000x15= Rp. 45.000
- Jus  Jeruk Rp. 5.000x15= Rp. 75.000
- Pop Ice Rp.3.000x20= Rp. 60.000
- Jus Alpukat Rp. 7.000x6= Rp. 42.000
- Jus Tomat Rp. 5.000x5= Rp. 25.000
- Jus Mangga Rp. 7.000x5= Rp. 35.000
- Jus naga Rp. 7.000x6= Rp. 42.000
- Jus melon Rp. 7.000x3= Rp. 21.000
- Jus apel Rp. 7.000x5= Rp. 35.000
- Jus pisang Rp. 5.000x5= Rp. 25.000
- Jus strobery Rp. 7.000x2= Rp. 14.000
- Teh Tawar Rp.1.000x6= Rp. 6.000
                                                                                                 +
Jumlah Total Rp. 1.195.000 x 20 (hari) = Rp. 23.900.000

Jadi jumlah laba bersih per-bulan adalah Rp. Rp. 23.900.000-17.637.000= Rp. 6.263.000,-

Business Model Canvas



Berikut video tutorial Business Model Canvas (BMC) :



Berikut saya lampirkan proposal nya


Tidak ada komentar:

Percaya Diri - Richard Branson

  Richard Branson            Sir Richard Charles Nicholas Branson seorang berkelahiran di Blackheath, London, pada 18 Juli 1950 adalah seora...