Dalam dunia
bisnis pastinya ada beberapa orang yang mengoperasikan kegiatan usaha agar
terus berjalan. Dan dari hal itu, bisnis juga memerlukan strategi, manajemen,
maupun sistem yang mempermudah orang-orang di dalamnya untuk bekerja secara
efektif dan sesuai tujuan yang dimiliki perusahaan. Dari banyaknya model bisnis
ada salah satu model yang terbukti efektif dan sering diterapkan itu adalah
bisnis model canvas.
A. DEFINITION OF A BUSSNINES MODEL ( DEFINISI
MODEL BISNIS )
Model bisnis
adalah suatu cara yang paling mudah dan sederhana untuk mengggambarkan bisinis
yang kita pikirkan. Biasanya model bisnis menggambarkan pemikiran tentang
bagaimana sebuah perusahaan menciptakan nilai-nilai sosial, ekonomi atau bentuk
nilai lainnya.
Model bisnis
juga merupakan salah satu inti utama dari perusahaan karena sebuah perusahaan
harus memiliki cara untuk mendapatkan profit yang digunakan untuk bertahan
hidup dan juga dapat digunakan untuk investasi jangka panjang.
B. THE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)
Business Model
Canvas adalah sebuah strategi dalam manajemen yang berupa visual chart yang
terdiri dari 9 elemen untuk membantu perencanaan bisnis sebelum dibentuk. Dengan
kesembilan elemen ini, sebenarnya kita sudah bisa memvalidasi apakah satu ide
bisnis itu potensial atau tidak.
Konsep bisnis
model canvas mengandalkan gambar-gambar ide sehingga setiap orang memiliki
pemahaman yang sama dan riil terhadap tipe-tipe konsumen mereka, pengeluaran
biaya, cara kerja perusahaan dan sebagainya. Oleh karena itu, membuat bisnis
model canvas adalah hal paling awal yang biasanya dibutuhkan seorang pengusaha
pemula.
Model bisnis
ini pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang
berjudul Business Model Generation. Dalam buku tersebut, Alexander mencoba
menjelaskan sebuah framework sederhana untuk mempresentasikan elemen-elemen
penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis.
C. THE 9 BUILDING BLOCKS
Di dalam
bisnis model canvas, ada 9 elemen atau juga biasa di sebut blok penting yang
akan dibahas satu-persatu di bawah ini. 9 panduan ini penting untuk mengarahkan
kita dalam menentukan system kerja perusahaan sekaligus memeriksa apakah
aktivitas perusahaan sudah berjalan sesuai system. Berikut deskripsi dan
panduan mengisi secara mudah kesembilan blok yang ada dalam bisnis model canvas
:
1.
Customer Segments
Elemen pertama
yang harus kita miliki dalam memulai business model canvas ini adalah menentukan
segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis kita. Bagian ini akan
menjelaskan siapa pelanggan potensial dari produk kita. Bisa juga berisi profil
orang yang memiliki masalah yang akan dipecahkan oleh bisnis kita. Untuk model
bisnis ecommerce yang berkembang sekarang ini, customer segment mencakup si
penjual barang dan pembeli.
2.
Value Proposition
Elemen ini
merupakan penjelasan dan rincian dari
keunggulan produk, dan apa saja sebenarnya poin-poin yang bisa
mendatangkan manfaat yang ditawarkan perusahaan bagi target pelanggannya. Hal
ini menjadi kesempatan bagi kita untuk menjabarkan kekuatan dan keunggulan yang
membedakan bisnis kita dengan bisnis yang lain, atau keunikan usaha kita
sendiri.
3.
Channels
Chanel
merupakan alat atau media yang digunakan untuk pemasaran produk kita. Melalui
penggunaan channels atau alat pemasaran yang tepat, kita baru bisa menyampaikan
value propositions kepada customer segments. Misalnya, kita bisa memasarkan
bisnis lewat media sosial, brosur, website, dan lain-lainnya.
4.
Customer Relationships
Jika channel
lebih banyak menjangkau orang yang belum tahu produk Anda, maka customer
relationship adalah kebalikannya. Kita harus tahu bagaimana cara bisnis kita
agar bisa terus keep in touch dengan para pelanggan. Maksudnya perusahaan kita
harus menjalin ikatan dengan pelanggannya secara intens. Bentuknya pun bisa
sangat beragam, mulai dari newsletter, layanan after sales, dan sejenisnya.
5.
Revenue Streams
Revenue
streams ini merupakan bagian yang paling vital, di mana perusahaan atau usaha
memperoleh pendapatan dari pelanggan. Elemen ini harus dikelola semaksimal
mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Jangan sampai ada bahan baku,
produk, atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal. Karena itu juga
sebagai bagian untuk mendatangkan keuntungan yang besar.
6.
Key Resource
Key resource
atau sumber daya ini merupakan elemen dalam business model canvas yang
berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki
perusahaan. Tujuannya untuk mewujudkan value proposition mereka. Semua jenis
sumber daya, mulai dari pengelolaan bahan baku, penataan sumber daya manusia,
dan penataan proses operasional harus kita perhatikan saat membuat model
bisnis. Sebab, hal ini akan berdampak pada jangka panjang di bisnis kita.
7.
Key Activities
Key activities
ini merupakan semua aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis, yang
ada kaitannya juga dengan sebuah produk. Dimana kegiatan utamanya adalah
menghasilkan proposisi nilai. Jadi, pada dasarnya, elemen ini menjelaskan bagaimana kita bisa menciptakan
value preposition perusahaan dengan melakukan beberapa aktivitas. Supaya produk
atau jasa kita lebih dikenal dan diterima banyak orang.
8.
Key Partnership
Elemen ini
berfungsi untuk pengorganisasian aliran suatu barang atau layanan lainnya.
Posisi-posisi partner kunci tersebut bermanfaat untuk efisiensi dan efektivitas
dari key activities yang telah dibuat. Sederhananya dalam sebuah bisnis, kita membutuhkan
partner kerja yang mendukung perusahaan kita. Jika sampai saat ini kita belum
menemukan keunikan dari produk/jasa kita dikarenakan kurangnya networking, kita
membutuhkan partner kerja yang dapat membantu mencapai value proposition. Dalam
konteks bisnis, mitra bisa berupa supplier, vendor, agensi, dan sejenisnya.
9.
Cost Structure
Elemen
terakhir yang juga tidak kalah pentingnya dengan kedelapan elemen lainnya yaitu
struktur pembiayaan bisnis atau cost structure. Mengelola biaya secara efisien
akan membuat bisnis yang dijalani menjadi lebih hemat dan bisa meminimalkan
risiko kerugian. Hal ini juga bisa menentukan proposisi nilai yang tepat untuk
pelanggan. Karena itu, pastikan kita membuat laporan keuangan yang tepat dan
sesuai untuk bisnis kita.
D. CONTOH BISNIS MODEL CANVAS BISNIS SEPATU
Berikut contoh BMC dari rencana
bisnis sosial OurShoes. Usaha OurShoes bertujuan untuk memproduksi dan menjual
beraneka ragam jenis sepatu. Berikut model bisnis canvasnya.
By; Grevi Yulika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar