Rabu, 11 Maret 2020

MULAN PETANI KENTANG - Tugas kewirausahaan " From Loser To Winner "


Mulan Petani Kentang


Di suatu desa kecil di lereng gunung terlahir seorang anak perempuan dari hasil pernikahan pasangan petani kentang. Kelahirannya nampak begitu sederhana dan bahkan masih dengan bantuan dukun bayi setempat. Bayi yang berasal dari pasangan keluarga petani tersebut menjalani hari-hari dengan serba kekurangan karena memang kondisi perekonomian orang tua nya yang kurang mampu. Bayi yang di beri nama Mulan oleh kedua orang tuanya itu tumbuh hari demi hari dan mendekati masa remaja. Mulan selalu diajarkan orang tuanya untuk ikhlas menerima keadaan yang terjadi dan menjalaninya dengan suka ria walaupun di pandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat setempat karena kondisinya yang berkekurangan.
Waktu kian berlalu dan Mulan tumbuh menjadi sosok perempuan yang cantik meskipun dia hanya bisa merasakan bangku sekolah sampai tingkat sekolah menengah pertama. Namun hal tersebut tidak pernah menjadi permasalahan untuk diri Mulan sendiri. Pada awalnya mulan berkeyakinan bahwa seorang perempuan tidak perlu bersekolah ataupun berpendidikan yang tinggi karena ujungnya pasti hanya akan menjadi seorang ibu rumah tangga. Namun semua keyakinan mulan akan hal itu berubah saat bapak mulan jatuh sakit dan tidak bisa mencari nafkah lagi. Mulan merenung selama berhari-hari khawatir karena dengan kondisi yang kekurangan ditambah bapak yang biasa mencari makan sekarang sudah tiada. Berkat dari didikan orang tua untuk selalu ikhlas menghadapi kenyataan Mulan pun tidak lama-lama terpuruk dalam kesedihan itu dan berpikiran untuk menggantikan posisi bapak untuk mencari makan. Dia berpikiran seperti itu karena mengingat dia adalah seorang anak tunggal dan ibunya yang sudah mulai menua.
Mulan menyadari kalau dia hanya bisa bertani seperti orang tuanya. Suatu hari datang seorang perempuan ke kebun mulan mencari hasil panen kentang dan membutuhkannya dalam jumlah besar untuk di beli. Saat itu hasil panen dari lahan mulan hanya sedikit saja dan tidak memenuhi permintaan perempuan itu, namun karena saat itu mulan yang mulanya seorang yang pemalu mencoba memberanikan diri bertanya ke perempuan tersebut tentang berapa banyak kentang yang di butuhkan. Mulan menghiraukan rasa pemalunya dan makin menikmati obrolan dengan pembeli itu dan makin banyak bertanya mengapa pembeli itu membutuhkan begitu banyak sayuran. Setelah berbicang lumayan lama di kebunnya dan ternyata perempuan tersebut adalah bos besar suatu pabrik makanan olahan hasil kentang, dia datang langsung ke kebun karena harga dipasar sudah mulai melunjak tinggi. Mulan yang mempunyai keyakinan wanita hanya akan menjadi seorang ibu rumah tangga berubah bahwa wanita juga bisa menjadi mandiri dan sukses selain menjadi ibu rumah tangga. Mulai saat itu hasil panen mulan tidak semuanya dijual dalam bentuk mentah, namun mulan mulai mencoba membuat hasil kentang tersebut menjadi makan seperti kripik dan beberapa kue-kue sesuai resep yang pernah ibu mulan ajarkan. Tak di sangka-sangka ide mulan berjalan dengan lancar dan malah makin di minati masyarakat. Beberapa tahun mulan yang awalnya hanya bertani sekarang berpindah profesi menjadi pengusaha makan olah kentang dan mempunyai tempat sendiri bahkan bisa memperkerjakan karyawan 20 orang yang bertugas sesuai bagiannya. Selama usaha mulan di bidang makanan, pernah juga beberapa kali mengalami penurunan meskipun tidak terlalu signifikan.
Masyarakat lingkungan mulan yang dulu kala memandang keluarga mulan dengan sebelah mata, sekarang berubah menjadi kesan bangga karena selain usaha mulan yang sukses, ia juga merangkul masyarakat untuk bekerja menjadi karyawannya sehingga membantu perkonomian di daerah desa tersebut. Tak lupa dia juga selalu ikhlas menjalani usahanya tak pandang bulu dengan karyawannya karena dia sadar dia pernah mengalami kesusahan semasa kecilnya dan mewujudkan impiannya untuk menggantikan seorang bapak untuk mencari makan.

By; Grevi Yulika

Tidak ada komentar:

Percaya Diri - Richard Branson

  Richard Branson            Sir Richard Charles Nicholas Branson seorang berkelahiran di Blackheath, London, pada 18 Juli 1950 adalah seora...